Dalam membuat atau menganalisis RPP kita seringkali kali mengalami kesulitan, terutama dalam tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. untuk itu perhatikan beberapa aspek berikut.
Beberapa aspek yang dinilai dalam RPP
1. Kejelasan perumusan tujuan
pembelajaran (tidak menimbulkan
penafsiran, Harus mengandung perilaku hasil belajar)
2. Pemilahan materi ajar harus sesuai
dengan karakteristik peserta didik
3. Pengorganisasian materi ajar (ada tuntutan
dan sistematika materi sesuai dengan alokasi waktu)
4. Kejelasan skenario pembelajaran (ada
langkah-langkah kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan model pembelajaran
yang dipilih)
5. Kerincian skenario pembelajaran
(setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu setiap tahap)
6. Kesesuaian teknik evaluasi dengan
tujuan pembelajaran
7. Kelengkapan instrumen (soal, kunci,
dan pedoman perskoran)
8. Pemilihan sumber/media pembelajaran
(sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)
Tujuan
pembelajaran harus mengandung minimal ABC, untuk lebih lengkap harus mengandung
ABCD yaitu
1. Audience (siswa)
2. Behahaviour (perilaku atau hasil
belajar misal, menjelaskan, menganalisis, dll)
3. Condition (proses atau kondisi
kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Proses: bisa melalui
gambar, demonstrasi, )
4. Degree (tingkatan hasil belajar
misal, dengan tepat, teliti, jelas, singkat, dsb)
Contoh 1:
peserta didik dapat menjelaskan pengertian alat optik
A:
peserta didik
B:
menjelaskan
Contoh 2:
peserta didik dapat membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan, serta
dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari
A:
Peserta didik
B:
Membedakan
C: Contoh
dalam kehidupan sehari-hari merupakan proses membedakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar