Selasa, 27 November 2012

Aspek Penilaian RPP

Dalam membuat atau menganalisis RPP kita seringkali kali mengalami kesulitan, terutama dalam tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. untuk itu perhatikan beberapa aspek berikut.

Beberapa aspek yang dinilai dalam RPP
1. Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran  (tidak menimbulkan penafsiran, Harus mengandung perilaku hasil belajar)
2.  Pemilahan materi ajar harus sesuai dengan karakteristik peserta didik
3.  Pengorganisasian materi ajar (ada tuntutan dan sistematika materi sesuai dengan alokasi waktu)
4.  Kejelasan skenario pembelajaran (ada langkah-langkah kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih)
5. Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu setiap tahap)
6.    Kesesuaian teknik evaluasi dengan tujuan pembelajaran
7.    Kelengkapan instrumen (soal, kunci, dan pedoman perskoran)
8.    Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)


Tujuan pembelajaran harus mengandung minimal ABC, untuk lebih lengkap harus mengandung ABCD yaitu                                              
1.      Audience (siswa)
2.      Behahaviour (perilaku atau hasil belajar misal, menjelaskan, menganalisis, dll)
3.   Condition (proses atau kondisi kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Proses: bisa melalui gambar, demonstrasi, )
4.      Degree (tingkatan hasil belajar misal, dengan tepat, teliti, jelas, singkat, dsb)

Contoh 1: peserta didik dapat menjelaskan pengertian alat optik
A: peserta didik
B: menjelaskan

Contoh 2: peserta didik dapat membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan, serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari
A: Peserta didik
B: Membedakan
C: Contoh dalam kehidupan sehari-hari merupakan proses membedakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar